السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Telah Dibuka!!! Penerimaan Mahasiswa Baru STAIN Sultan Abdurrahman Kepri Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2021

  • 26 Januari 2021
  • Oleh:
  • 1586
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu ­– Pendaftaran untuk penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau tahun ajaran 2021/2022 telah mulai dibuka melalui jalur pertama yakni SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri).

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru pada SMA/Sederajat kelas terakhir tahun 2021 yang telah direkomendasikan oleh Kepala Sekolah/Madrasah. Jalur SPAN-PTKIN dilaksanakan secara nasional yang diikuti oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam sistem terpadu dan diselenggarakan serentak yang telah diatur oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

PTKIN sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di PTKIN berdasarkan rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah. Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa di UIN/IAIN/STAIN melalui jalur SPAN-PTKIN.

Pendaftaran SPAN-PTKIN diawali dengan pengisian PDSS dimulai pada tanggal 19 Januari s.d 17 Februari 2021. Selengkapnya terjadwal seperti dibawah ini:

  1. Pengisian dan Verifikasi PDSS, tanggal 19 Januari s.d 17 Februari 2021
  2. Pendaftaran (siswa), tanggal 19 Februari s.d 15 Maret 2021
  3. Proses seleksi I, tanggal 19 s.d 23 Maret 2021
  4. Proses seleksi II, tanggal 25 s.d 29 Maret 2021
  5. Pengumuman Hasil Seleksi, tanggal 05 April 2021

Baca panduan lengkapnya di: https://span-ptkin.ac.id

Ada 2 (dua) langkah alur pendaftaran SPAN-PTKIN, yaitu Pendaftaran Sekolah dan Pendaftaran Siswa.

Untuk alur Pendaftaran Pihak Sekolah seperti alur dibawah ini:

Untuk alur Pendaftaran Pihak Siswa seperti alur dibawah ini:

Selain SPAN-PTKIN akan ada dua jalur penerimaan lain di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, yakni UM-PTKIN dan Mandiri.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SPAN-PTKIN bisa diakses melalui https://span-ptkin.ac.id atau bisa menghubungi panitia lokal STAIN SAR Kepri atas nama Wisdar Hanum, S.Pd.I (0812-1760-2226). (Luluk)