BINTAN – Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau mendapatkan hasil yang membanggakan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan I untuk Pejabat Eselon IV di Kementerian Agama yang berasal dari Empat Provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau yang dilaksanakan di balai Diklat Keagamaan, Padang.

Diklat PKP ini dilaksanakan dari Tanggal 1 Maret 2020 sampai dengan 7 Juli 2020, karena pandemi Covid-19 yang mulai mewabah dibulan Maret kegiatan ini hanya bisa dilaksanakan sampai dengan Tanggal 24 maret di balai diklat Padang, setelah itu peserta mengikuti diklat secara daring via Zoom Aplikasi sampai berakhirnya diklat pada tanggal 7 Juli 2020.

Hasil akhir Rapat penetapan kelulusan dilaksanakan dibalai Diklat Keagamaan Padang pada hari Selasa, 07-07-2020 pada pukul 10.00 WIB, hasil rapat ini diputuskan oleh Drs. H. Khoirul Amani, MA selaku Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, juga dihadiri oleh Ir. Faizal Adriansyah, M.Si selaku Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Hukum Administrasi Negara (P3KHAN) Aceh, Saipul Bahri selaku Kepala Bidang Program dan Pengendalian Mutu Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Dr. Ikhwan, SH, M.Ag dan para Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Padang yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting.

Dalam hasil akhir rapat tersebut, Ka. Subbag Akademik dan Kemahasiswaan STAIN SAR Kepri, Dvi Afriansyah, S.Pd.I masuk pada peringkat Sembilan (9) dari 30 Peserta dimana para peserta adalah Pejabat Eselon IV atau Pengawas dilingkungan Kementerian Agama yang berasal dari empat Provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau.

Dengan Laporan Aksi Perubahan Implementasi Penataan Prestasi Kemahasiswaan melalui Sistem Informasi Prestasi Non Akademik Mahasiswa (SiPAMA) STAIN SAR Kepulauan Riau inilah yang membawa Ka.Subbag Akademik dan Kemahasiswaan mendapatkan hasil yang memuaskan yakni masuk sepuluh besar dari tiga puluh peserta yang mengikuti Diklat.

Ditanya tentang pencapaiannya ini, Dvi mengucapkan Terima Kasih Banyak untuk para pimpinan, Ketua STAIN SAR Kepri, wakil Ketua I, II dan III STAIN SAR Kepri, Kepala Bagian Administrasi Umum Akademik dan Keuangan (AUAK) serta seluruh unsur di STAIN SAR Kepri atas dukungannya, semua ini tidak terlepas dari peran seluruh unsur yang ada di Kampus kita, “semoga hasil ini dapat menjadi motivasi dan lebih meningkatkan kinerja kami yakni Bagian Akademik dan Kemahasiswaan untuk kedepan,”Pungkasnya.

Tidak lupa juga, Ketua STAIN SAR Kepri, DR. Muhammad Faisal, M.Ag mengucapkan selamat kepada Ka.Subbag Akademik dan Kemhasiswaan atas prestasinya masuk sepuluh besar pada PKP Angkatan I. Ditambahkan Ketua, prestasi ini sebetulnya memiliki dua hal yang penting bagi STAIN SAR Kepri, yang pertama bahwa sebagai kampus yang baru tiga tahun menjadi negeri ini menunjukkan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) STAIN SAR Kepri sudah memiliki suatu yang baik ditingkat Kementerian terutama pada Pejabat Eselon-Eselon nya, Kedua, dengan adanya prestasi ini bisa memacu prestasi dan kinerja Ka.Subbag Akademik dan Kemahasiswaan sendiri sekaligus meningkatkan kinerjanya bagi Kampus STAIN SAR kedepan.

Salah satu hasil dari PKP ini kata Faisal menghasilkan SiPAMA, ini merupakan inovasi baru bagi sistem akademik kita karena sebelum ini belum ada, “ini mungkin bisa menjadi bagian penting dalam penilaian mahasiswa kedepan bahwa prestasi mahasiswa itu tidak saja diukur dalam konteks nilai tapi juga Non Akademik seperti prestasi di masyarakat, prestasi diluar kegiatan-kegiatan yang bersifat membangun semangat kemandirian mahasiswa dan juga akan menjadi Database bagi kampus, saya pikir ini sesuatu yang bagus dan pencapaian yang luar biasa, “pungkasnya.

Ketua kembali menambahkan, saya berharap semoga seluruh pejabat-pejabat kita baik ditingkat akademik maupun tingkat Dosen bisa terus berupaya melakukan inovasi-inovasi baru dalam kegiatannya untuk menunjang pembangunan dan pengembangan STAIN SAR kedepan, apalagi saat ini STAIN SAR Kepri sudah memiliki sebelas Program Studi (PRODI) baru dan saat ini mahasiswa juga sudah mendapatkan beasiswa dari program bidikmisi yang mana sekarang namanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, kemudian dengan mahasiswa yang mendekati seribu orang saya pikir program Ka. Subbag Akademik dan Kemahasiswaan ini menjadi terobosan baru bagi pengembangan sistem manajemen kemahasiswaan di STAIN SAR Kepri, “sekali lagi saya ucapkan selamat untuk Dvi Afriansyah, ini bisa menjadi pemacu bagi kawan-kawan lain untuk meningkatkan prestasinya kedepan, “tutupnya.

Tidak lupa juga Wakil Ketua I STAIN SAR Kepri, Aris Bintania, M.Ag mengucapkan selamat atas pencapaian Dvi Afriansyah, Alhamdulillah dalam keterbatasan bisa menghasilkan pencapaian yang maksimal, kita bisa melihat Dvi bisa membangun komunikasi yang baik dengan BDK dan unsur-unsur pimpinan yang ada di STAIN SAR Kepri, beliau selalu berkomunikasi, jadi dengan hasil yang demikian saya sebagai unsur pimpinan mengucapkan selamat atas pencapaian yang didapat dan mudah-mudahan program SiPAMA yang beliau luncurkan selama PKP bisa dipakai di Kampus, “semoga pelayanan akdemik bisa meningkat, “imbuhnya.

Beliau menambahkan, semoga beliau bisa mengkonsolidasikan dengan staf-staf yang berada di bagian Akademik dan kemahasiswaan dan bisa satu pikiran dan satu tujuan untuk sama-sama meningkatkan pelayanan akademik dengan terobosan-terobosan yang telah dihasilkan, jangan hanya berhenti pada pencapaian sepuluh besar tapi juga kita ingin melihat bagaimana betul-betul bermanfaat bagi kampus,”saya surprise dengan pencapaian yang didapat beliau, dalam rentang kendali yang jauh kita dari STAIN SAR Kepri justru masuk dalam sepuluh besar, mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi teman-teman untuk lebih meningkatkan diri lagi, dan mudah-mudahan berbagai kesempatan akan selalu terbuka untuk masa yang akan datang untuk mengembangkan potensi yang ada, itu harapan Saya,”tutupnya.

Wakil Ketua II STAIN SAR Kepri, DR. H. Khaeruddin Said, MM, juga mengucapkan selamat atas pencapaian Ka.Subbag Akademik dan Kemahasiswaan, semoga aksi perubahan yang dilakukan bisa membuat Kampus STAIN SAR Kepri lebih baik kedepannya dan SiPAMA bisa dilaksanakan sebaik-baiknya dan menjadikan pelayanan Akademik STAIN SAR Kepri lebih baik kedepannya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua III STAIN SAR Kepri, H. Fahmi Fikri, S.Ag, M.Si merasa bangga atas pencapaian Ka. Subbag Akademik dan Kemahasiswaan yang mengikuti PKP di Balai Diklat Keagamaan, Padang. Alhamdulillah beliau memdapatkan hasil yang baik dari beberapa Provinsi yang ikut, sebuah prestasi yang patut kita banggakan, kita berharap ini menjadi titik awal bagi Kawan-kawan yang lain, kita berharap prestasi-prestasi lain bisa diukir untuk masa yang akan datang terutama untuk meningkatkan jenjang karir yang bersangkutan juga mengangkat nama baik Kampus dikhalayak umum.

“Saya berharap prestasi-prestasi terus diukir oleh seluruh jajaran yang ada di STAIN SAR Kepri, sama-sama kita membawa nama kampus kedepannya menjadi lebih baik untuk masa yang akan datang, dan tentunya pelayanan akademik kedepannya akan menjadi lebih baik setelah adanya pencapaian ini dan tentunya kita mengacu pada aturan-aturan yang dibuat oleh Kementerian Agama,”pungkasnya.

Kabag AUAK, H. Imam Subekti, M.Pd.I yang juga sebagai mentor Dvi Afriansyah dalam PKP Angkatan I juga mengucapkan selamat dan sukses atas pencapaiannya masuk dalam kategori sepuluh besar, “sebagai mentor saya merasa bangga atas kesuksesan tersebut, semoga aksi perubahan yang dilakukan yakni Sistem Informasi Prestasi Non Akademik Mahasiswa (SiPAMA) bermanfaat bagi Civitas Akademika STAIN SAR kepri,”ujarnya.

Ka. Subbag Administrasi Umum dan Keuangan (AUK), Martanto, M.Si juga mengucapkan selamat atas pencapaian koleganya, semoga aksi perubahan yang dilakukan bisa diaplikasikan secara kontinu dan terintegrasi dengan aplikasi SILEBAH yang telah ada. (nDr).

    LINK LAYANAN