Bintan | STAIN Kepri - KKN Nusantara di daerah 3T (Terluar, Terdepan, Terbelakang) merupakan Program yang telah diterbitkan oleh Kementerian Agama RI, Program ini merupakan program terbaru dan unggulan, KKN Nusantara 3T diikuti oleh PTKIN Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di seluruh Indonesia yang dimulai pada 11 Januari 2020 sampai dengan 14 Februari 2020 di Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang Provinsi NTT Nusa Tenggara Timur.

Program KKN Nusantara 3T menggunakan Metode pendekatan Transformatif ABCD (Asset Based Comunity driven Developement) dengan mengusung tema “Moderasi Beragama" (Peace Building), salah satu kelompok yang ditugaskan di desa Pitay berhasil menciptakan sebuah Program Kerja dengan memanfaatkan Aset berupa SDM dan SDA yang ada di Desa Pitay, yaitu Pemberdayaan Perempuan (Produksi Jus Serai Pitay) berbasis Social-Preneur.

Mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Muhammad Ilham menuturkan penggagasan jus serai ini sejatinya merupakan pengembangan dari program KKN Reguler STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) di Tanjung Siambang Kelurahan Dompak Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, melihat potensi Sumber Daya Alam di desa Pitay khususnya tanaman serai, M. Ilham menawarkan ide jus serai kepada kelompok III KKN Nusantara yang berjumlah 9 orang dari berbagai Perguruan Tinggi. Alhamdulillah, ide jus serai disepakati menjadi program kerja unggulan Kelompok III yang ada di Desa Pitay. Kata Ilham

Ilham menambahkan, jus serai yang kita buat bersama warga desa Pitay, telah kita lakukan simulasi pemasaran di acara pameran budaya, sangat diluar dugaan jus serai yang kita jual sebanyak 50 botol habis terjual bahkan banyak yang mengakui khasiat dari jus serai ini. Ujarnya

Tokoh masarakat dan Kepala Desa Pitay sangat mengapresiasi jus serai yang digagas oleh mahasiswa  STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau ini sehingga Kelompok III KKN Nusantara diberi nama Kelompok Jus Serai Pitay yang telah disahkan oleh Pemerintahan Desa Pitay dengan mengeluarkan Surat Keputusan Kepala Desa Pitay Nomor: 043/07/DP/II/2020.

Pada tanggal 15 Februari 2020, KKN Nusantara 3T ditutup Oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Aula Rumah Jabatan Gubernur NTT, dalam kegiatan itu Kelompok Jus Serai Pitay KKN Nusantara 3T mem-presentasikan hasil KKN selama berada di desa Pitay.

Gubernur NTT sangat mengapresiasi produk jus serai tersebut serta menerima Proposal bantuan yang telah di berikan kepada Beliau,  Gubernur juga menyicipi produk Jus Serai Pitay (JSP) yang telah dihidangkan oleh anggota Kelompok III dengan wajah tersenyum, sambil berkata “ini sangat nikmat dan enak”.

Gubernur NTT mengatakan jus serai ini harus terus dikembangkan bila perlu desa Pitay sebagai Pensuplai jus serai di Rumah Jabatan Gubernur, Ujar Viktor Laiskodat

Keberhasilan program unggulan jus serai ini tak luput dari dukungan Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, para dosen terkhusus rekan-rekan mahasiswa yang telah mensuport selama kegiatan KKN Nusantara ini berlangsung. Saya sangat berharap tahun berikutnya jumlah peserta dari kampus kita disetarakan dengan kampus lain, karena dari segi kualitas kita masih mampu menyeimbangi dari peserta PTKIN lainnya, tambah Ilham. (ex)

 

 

    LINK LAYANAN