Bintan, STAIN SAR - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kepulauan Riau Melaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Rabu, 30-10-2019, Sosialisasi ini diikuti oleh Civitas Akademika STAIN SAR Kepulauan Riau yang dilaksanakan di Balai Titah STAIN SAR Kepulauan Riau.

Sosialisasi ini diisi oleh Wakil II Bidang Pendistribusian dan pendayagunaan Baznas Prov. Kepulauan Riau, Drs. H. Mastur Taher, M.Pd dengan Wakil I Bidang Pengumpulan, Drs. H. Manimpo Simamora.

Mastur Taher mengatakan, bahwa didalam harta yang kita miliki saat ini masih ada hak orang lain dalam hal ini dijelaskan dengan Surah Adz-Dzariyaat ayat 19 yang berbunyi “dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian”.

Ditambahkan Mastur, Kunci untuk selamat dunia dan akhirat yaitu salah satunya dengan mengeluarkan zakat sebesar 2.5% dari harta yang kita peroleh, karena jika harta yang kita miliki ini jika di bersihkan secara otomatis jiwa dan diri kita juga akan bersih, “mengeluarkan zakat itu harus ikhlas dan semata-mata mengharap ridho Allah SWT, “pungkasnya.

Mastur menambahkan lagi, Untuk mengeluarkan zakat jika kita memang belum tahu kewajiban mengenai zakat profesi atau penghasilan maka dapat kita membayarkan zakat dengan cara mengingat berapa lama kita mendapatkan penghasilan kemudian barulah kita jumlahkan totalnya setelah itu barulah dikeluarkan zakatnya sebesar 2.5% dari keseluruhan, dan untuk menutupi kekurangan yang lain yaitu perlu diperbanyak infaq dan sedekah untuk menutupi kekhilafan. (nDr).

    LINK LAYANAN