السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Optimalisasi Kualitas Perkuliahan, Prodi Magister MPI STAIN Kepri Gelar Rapat Koordinasi Semester Genap 2024/2025

  • 06 Februari 2025
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 62
Kabar Prodi

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu — Dalam rangka mempersiapkan perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2024/2025, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Perkuliahan secara virtual melalui platform Zoom pada Kamis, 6 Februari 2025.

Rapat ini dihadiri oleh para dosen pengajar Program Magister MPI, dengan menghadirkan Dr. Fadhila Yonata, M.Pd. (Kaprodi MPI) dan Dr. Ramandha Rudwi Hantoro, M.Pd.I. (Sekretaris Prodi MPI) sebagai narasumber. Turut hadir dalam rapat tersebut sejumlah dosen Prodi Magister MPI STAIN Kepri, yaitu Dr. Muhammad Faisal, M.Ag., Dr. Drs. Al Mahfuz, M.Si., Dr. Imam Subekti, M.Pd.I., Dr. M. Taufiq, M.Si., Dr. Muhammad Lazim, M.A., Dr. Nahrim Ajmain, M.A., Dr. Ahmad Jalili, M.Sy., Dr. Cut Purnama Sari, M.Pd., Dr. Supri Yadin Hasibuan, M.Sy., Dr. Asrizal, M.H., Dr. Drs. H. Hardi S. Hood, M.Si., Dr. Ria Kurniawaty, M.Pd., Dr. Said Maskur, M.Ag., dan Dr. Jepri, M.Pd.

Dalam sambutannya, Dr. Fadhila Yonata, M.Pd. menekankan pentingnya koordinasi antardosen untuk memastikan kelancaran proses perkuliahan. Salah satu poin utama yang dibahas adalah pembagian tim teaching, di mana setiap dosen diharapkan dapat berkolaborasi secara efektif dengan rekan-rekan pengajar dalam satu tim untuk menciptakan suasana pembelajaran yang dinamis dan terintegrasi.


Selanjutnya, Dr. Ramandha Rudwi Hantoro, M.Pd.I. menegaskan bahwa setiap dosen diwajibkan untuk melengkapi kelengkapan administrasi pengajaran guna menunjang efektivitas proses belajar mengajar. Kelengkapan tersebut mencakup Kontrak Belajar sebagai panduan kesepakatan antara dosen dan mahasiswa mengenai aturan serta target perkuliahan, Silabus dan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berfungsi sebagai acuan sistematis dalam merancang dan mengelola proses pembelajaran, serta Penilaian Asesmen Mahasiswa yang bertujuan untuk menentukan kriteria evaluasi secara transparan dan objektif dalam mengukur capaian pembelajaran mahasiswa.

“Setiap dosen diharapkan menentukan learning outcome (capaian pembelajaran) di setiap pertemuan perkuliahan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap sesi kuliah menghasilkan dampak yang nyata dan bermanfaat bagi pengembangan kompetensi mahasiswa”, Ujar Dr. Ramandha.

Dalam sesi diskusi, para dosen memberikan tanggapan positif terhadap rencana dan kebijakan yang disampaikan. Mereka sepakat bahwa sinergi antar pengajar sangat diperlukan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif dan produktif.

Menutup rapat, Dr. Fadhil berharap agar seluruh dosen dapat bekerja sama secara optimal, baik dalam pengelolaan administrasi perkuliahan maupun dalam pelaksanaan proses belajar-mengajar. Dosen diharapkan mampu memberikan pengajaran yang bermutu, menetapkan target pencapaian yang jelas, dan memastikan kemanfaatan setiap pertemuan perkuliahan bersifat berkelanjutan.

Rapat koordinasi ini diharapkan menjadi fondasi kuat untuk menghadirkan perkuliahan yang lebih terstruktur, efektif, dan berdampak positif dalam mencetak lulusan Magister MPI yang kompeten dan adaptif terhadap tantangan zaman. (RRH/LF/Gby)