السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Suksesnya Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 STAIN Sultan Abdurrahman: Persiapan Menuju Pelaksanaan KKN Reguler 2024

  • 07 Juni 2024
  • Oleh: Gybria Putri Anggillya
  • 65
Penelitian

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu - Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menggelar rapat persiapan penting untuk pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024. Rapat ini dihadiri oleh para anggota tim dan dipimpin Kepala P3M diruang Rapat Balai Titah pada, Jumat 7 Juni 2024.

Salah satu poin penting dalam rapat tersebut adalah penentuan tim yang akan bertanggung jawab atas pelaksanaan KKN reguler tahun 2024, yang dipimpin oleh Rio Sudarroji, M.Psi.

Abd. Rahman, M.Sos, Kepala P3M, menekankan pentingnya memperhatikan proporsi jumlah anggota panitia dengan jumlah peserta. Dalam konteks rasio yang disarankan sebesar 270 orang, penentuan anggota panitia harus disesuaikan dengan ketentuan tersebut.

“perlunya memperhatikan jumlah panitia yang terlibat dalam kegiatan ini. Dengan memperhatikan jumlah rasio 270 orang maka penentuan panitianya juga harus sebanding dengan jumlah tersebut,” ujarnya.

Hal lain disampaikan Kepala P3M mengenai koordinasi yang baik antara P3M, Tim Panitia, dan pihak Pemerintah Kabupaten Bintan dan Pemerintah Kota Tanjungpinang dengan harapan adanya dukungan dari pemerintah provinsi untuk pembangunan masyarakat melalui kegiatan KKN.

“Berkaitan dengan kegiatan pembukaan dan pelepasan mahasiswa yang dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur yang bersamaan dengan pelepasan mahasiswa KKN melayu serumpun, maka perlu koordinasi awal yang baik antara tim panitia KKN STAIN Kepri dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota. Mengingat wilayah cakupan lokasi KKN berada di naungan pimpinan mereka,” tambahnya.

Rio, selaku ketua panitia KKN Reguler 2024, menguraikan langkah-langkah persiapan yang telah diambil, termasuk audensi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk menetapkan lokasi yang sesuai dengan harapan memastikan ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan.

Penyusunan timeline kegiatan juga menjadi fokus utama untuk memastikan pelaksanaan KKN berjalan lancar.

Struktur organisasi panitia KKN telah ditetapkan dengan jelas, mencakup berbagai bidang seperti sekretaris, administrasi berkas, keuangan, dan lainnya. Setiap bidang akan diisi oleh anggota panitia yang telah ditunjuk sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing individu.

Rencana timeline kegiatan mencakup beberapa tahapan penting, termasuk koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota, pembekalan peserta, pelaksanaan di lapangan, hingga penjemputan.

 

 

Rapat persiapan ini merupakan langkah awal yang penting dalam mempersiapkan pelaksanaan KKN, yang bertujuan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat pada waktu dan daerah tertentu dengan harapan kegiatan ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat dan kampus STAIN Kepri.(Gby)