السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Unit Bahasa STAIN Sultan Abdurrahman Kepri Gelar Seminar Kebahasaan Internasional: Dari Lokal Menuju Global

  • 15 Mei 2024
  • Oleh: Gybria Putri Anggillya
  • 64
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu – Unit Bahasa STAIN Sultan Abdurrahman Kepri menggelar Seminar Kebahasaan Internasional dengan tema "Meneguhkan Kompetensi Berbahasa Arab dan Inggris Untuk Berkontribusi Dari Lokal Menuju Global". Acara ini berlangsung di Auditorium Razali Jaya Gedung Rektorat Kampus STAIN Sultan Abdurrahman Kepri dan dihadiri oleh sejumlah pakar bahasa terkemuka.

Seminar ini menghadirkan dua narasumber internasional, yaitu Syaikh ‘Ala Abdul Wahhab Abdul Latif Alfutaih, Lc, M.A dari Yaman dan Mr. Ferdinand H.P. Wouda, Ph.D dari Belanda. Kedua pembicara memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya penguasaan bahasa Arab dan Inggris dalam konteks global.

Dalam sambutannya, ketua STAIN Kepri, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas kompetensi berbahasa di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum. Ia berharap seminar ini dapat menjadi langkah awal dalam mendorong kontribusi lokal menuju kancah internasional.

Syaikh 'Ala Abdul Wahab Abdul Latif Al Fatih menekankan pentingnya mendengarkan secara intensif sebagai langkah awal dalam pembelajaran bahasa Arab. Menurutnya, pemahaman yang kuat terhadap bahasa Arab harus dibangun sebelum mulai berbicara dalam bahasa tersebut. 

"Dengan mendengarkan secara intens, pembelajar dapat membangun dasar yang kokoh sebelum melangkah ke tahap percakapan aktif," ujarnya.

Sementara itu, Mr. Ferdinand H.P. Wouda membahas tantangan yang sering dihadapi dalam belajar bahasa Inggris, seperti ketidakpercayaan diri, keterbatasan kosakata, dan tata bahasa yang kurang sempurna. Ia mendorong peserta untuk mengatasi ketakutan ini melalui latihan yang konsisten dan percaya diri. 

"Berbicara dalam bahasa Inggris memerlukan kepercayaan diri dan keyakinan pada kemampuan sendiri. Latihan yang konsisten adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan berbicara," tambahnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber yaitu Syaikh ‘Ala Abdul Wahhab Abdul Latif Alfutaih, Lc, M.A akan membagikan wawasan berharga tentang pentingnya mendengarkan secara intensif dalam pembelajaran bahasa Arab, sebuah langkah awal yang krusial untuk membangun pemahaman yang kuat sebelum mempraktikkannya dalam percakapan. Sementara itu, Mr. Ferdinand H.P. Wouda, Ph.D akan memberikan pandangan mengenai tantangan-tantangan dalam belajar bahasa Inggris dan bagaimana kita dapat mengatasi ketidakpercayaan diri dan keterbatasan kosakata melalui latihan yang konsisten, ujarnya Amrul.

Kami berharap, melalui seminar ini, para peserta dapat memperoleh pengetahuan dan motivasi untuk terus meningkatkan kemampuan berbahasa mereka. Semoga seminar ini menjadi langkah awal yang signifikan dalam mendorong kontribusi kita dari lokal menuju kancah internasional, tambahnya.

 

 

Seminar ini ditutup dengan harapan “Awalilah belajar bahasa dengan mencintainya, Karena dengan mencintainya akan sampai ke hati dan sesuatu yang sampai ke hati akan selalu diingat dan sulit dilupakan”.(Gby/Nrfzh/Fefi)