السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Visiting Lecturer: Deteksi Dini dan Penanganan atau Pelayanan ABK di TK/RA

  • 13 Mei 2024
  • Oleh: Gybria Putri Anggillya
  • 106
Kabar Prodi

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu - Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi PIAUD menggelar kegiatan bertajuk "Lecturer: Deteksi Dini dan Penanganan atau Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di TK/RA" pada Senin, 13 Mei 2024. Acara ini berlangsung di Ruang Internasional Gedung SBSN Perkuliahan Terpadu STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari UIN Salatiga, Jawa Tengah, Dr. Lilik Sriyanti, M.Si. Beliau didampingi oleh Ketua Prodi PIAUD, Nadya Nela Rosa, M.Psi, dosen PIAUD, serta perwakilan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa tentang pentingnya deteksi dini dan strategi penanganan anak berkebutuhan khusus di TK/RA. 

Menurut Nadya Nela Rosa, M.Psi selaku Ketua Prodi PIAUD, melalui acara ini diharapkan mahasiswa dapat memperoleh kemampuan praktis dalam menerapkan pengetahuan yang didapat dalam situasi nyata di lapangan. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dosen PIAUD dalam mendukung mahasiswa memahami dan menerapkan konsep-konsep deteksi dini dan penanganan anak berkebutuhan khusus, tambahnya.

Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kolaborasi antara mahasiswa dan dosen dalam mengimplementasikan praktik-praktik terbaik dalam memperhatikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. 

Dengan demikian, kualitas pelayanan bagi anak-anak berkebutuhan khusus di TK/RA dapat meningkat melalui kontribusi mahasiswa yang lebih terampil dan dosen yang lebih terinformasi. Merupakan langkah konkret dalam upaya peningkatan kompetensi mahasiswa dan dosen dalam menangani anak berkebutuhan khusus, serta meningkatkan kualitas pendidikan di TK/RA.(Gby/Nrfzh/Ajid)