السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

STAIN Sultan Abdurrahman melaksanakan Haul Paduka Sri Nasrul Zaman Sultan Abdurrahman Muazzamsyah II Ibni YDM Raja Muhammad Yusuf Ahmadi Al- Khaldi ke-94 di Pulau Penyengat

  • 18 Februari 2024
  • Oleh: Gybria Putri Anggillya
  • 71
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melakukan kegiatan Haul Paduka Sri Nasrul Zaman Sultan Abdurrahman Muazzamsyah II Ibni YDM Raja Muhammad Yusuf Ahmadi Al- Khaldi  ke-94 di Istana Tengku Bilik, Pulau Penyengat, Minggu (18/01/2024).

Kegiatan ini disejalankan dengan Launching Website Lembaga Adat Kesultanan Riau Lingga yang  dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Hukum, Pimpinan, Dosen, Staff Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Majelis Taklim Pulau Penyengat, Majelis Nurul Mustafa, dan Kaum Kerabat Kesultanan Riau Lingga.

Dalam sambutan Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepri,  makna dilaksanakan Haul Sultan Abdurrahman Muazzamsyah ialah mendoakan sekaligus meneruskan perjuangan para zuriat ahli keluarga terkhusus pada zuriat sultan Abdurrahman Muazzamsyah. 

Lebih lanjut, Dr.Muhammad Faisal M.Ag dalam penyampaiannya, pada tahun 2024 STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau akan bersama-sama memajukan pendidikan yang ada di Kepulauan Riau dan akan meningkat alih status Kampus menjadi Institut Agama Islam Negeri STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. 

“Tahun 2024 STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau akan berusaha untuk meningkatkan alih status Kampus menjadi Institus Agama  Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau dengan mahasiswa berjumalah 1.800 serta peletakan batu pertama di mesjid kampus yang sudah selesai dibangun dan akan diberi nama Mesjid STAIN Sultan Abdurrahman Muazzamsyah yang dapat menampung kurang lebih 1.000 Jama’ah,” ujarnya.

Selain itu, ucapan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang telah membantu merevitalisasi pulau penyengat dan memfasilitasi untuk perkembangan Kampus STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau di bumi tanah melayu. Tambahannya 

Ketua panitia dari pihak STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Romi Aqmal, M.Si mengatakan kegiatan Haul Sultan Abdurrahman Muazzamsyah diselenggarakan setiap tahun dalam rangka menyampaikan doa-doa terkhusus kepada Alm. Sultan Abdurrahman dan Kaum Zuriat keluarga Kesultanan Riau Lingga di Pulau Penyengat.

“Acara haul ini setiap tahun diselenggarakan antara STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau dengan para zuriat Sultan Abdurrahman di Pulau Penyengat. Hal ini merupakan  tahun ketiga yang dilaksanakan bersama dengan Lembaga Kesultanan Riau Lingga dengan peserta yang hadir kurang lebih 500 orang,” ucapnya. 

Rangkaian kegiatan Haul Sultan Abdurrahman Muazzamsyah ialah Haul doa-doa dan sholawat, sambutan para pimpinan dan pejabat serta terakhir pembacaan Syair Teraju Negeri oleh mahasiswa yang dikarang langsung oleh Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Tambahnya 

“Harapan pada kegiatan Haul ini semoga terus terselenggaran setiap tahun dan semakin meriah agar masyarakat tahu tentang sejarah Sultan Abdurrahman, dan mampu menjaga dan melestarikan budaya yang ada di pulau penyengat,” ujarnya