السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Wakil Ketua III: Mahasiswa Harus Bisa Mengenali Hoax atau Informasi Palsu

  • 04 September 2023
  • Oleh: LAYANAN AKADEMIK
  • 388
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu – Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2023 di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau telah memasuki pemberian materi oleh Narasumber, Senin, 04/06/2023. Pemberian materi ini dilaksanakan di Gedung Perkuliahan Terpadu.

Wakil Ketua III STAIN SAR Kepri, H. Rahmad Budi Harto, SE.MM, memberikan materi mengenai Hoax atau informasi palsu kepada peserta yang mengikuti PBAK.

Rahmad menerangkan, Hoax adalah adalah informasi palsu yang disebarkan dengan maksud menipu, mengelabui, atau membuat orang lain tertipu. Hoax ini ada berbagai tipe yaitu, hoax serangan siber, hoax Kesehatan, hoax politik dan hoax sosial media.

Hoax bisa menyebabkan terjadinya kekacauan sosial dimana hoax bisa mengarah pada kekacauan sosial dan konflik,terutama jika ada isu yang sensitif, hoax juga bisa menimbulkan bencana atau memperbesar bencana dan juga hoax dapat menyebabkan orang yang tidak bersalah menjadi korban persekusi atau tuduhan yang salah.

Rahmad Kembali menambahkan, mahasiswa sekarang harus pandai dalam mengenali hoax jangan asal menerima saja berita yang ada, “mahasiswa harus bisa mengenali hoax dengan mengecek informasi, perhatikan narasi dan lihat visualnya,”ujar Wakil Ketua III.

Rahmad Kembali menambahkan, mahasiswa harus berani melawan hoax, bisa dengan cara menanyakan langsung kepada narasumber kebenaran tentang berita yang ada dan jangan malu-malu menginformasikan orang lain jika merasa bahwa informasi yang dibagikan tidak benar, “Hoax membuat kita meragukan informasi sekitar kita, mengancam hak asasi manusia, dan merusak masa depan. Kita harus memerangi hoax untuk kesejahteraan kita Bersama,”tutupnya. (nDr).