السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Menag Resmi Buka PWN, Ketua STAIN Kepri Beri Motivasi Kepada Kontingen

  • 23 Mei 2023
  • Oleh: HUMAS STAIN KEPRI
  • 471
Berita Utama

Gorontalo - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini membuka gelaran Pramuka Wirakarya Nasional (PWN) ke-16 tahun 2023. Kegiatan yang diikuti 1.200 Pramuka dari Perguruan Tinggi Keagaman Negeri (PTKN) ini digelar di Bumi Perkemahan Kampus 2 IAIN Sultan Amai Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Pembukaan PWN ke-16 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisonal Gorontalo Palo-Palo oleh Menag Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, dan Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya. Turut serta, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Ketua STAIN Kepri Dr. Muhammad Faisal, serta para Ketua/Rektor lainnya dan para undangan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan PWN ke-16 harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.

Apalagi, lanjut Menag, tema besar yang diusung pada PWN kali ini bertajuk “Merawat Keberagaman dan Perdamaian dalam Bingkai Moderasi Beragama.”

“Ini sebuah tema yang cukup menantang sekaligus membutuhkan pembuktian segenap insan Pramuka PTKN. Saudara harus bisa adaptif, inovatif, dan kreatif untuk merawat keberagaman dan perdamaian, ” pesan Menag, Senin (22/5/2023)

Dalam sambutan Yaqut Cholil Qoumas, mendukung penuh kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagaman (PWN PTK) Ke XVI.

“Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) ke-16 Tahun 2023 harus dijadikan momentum untuk meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman.” ujarnya

Gusmen juga menyampaikan harapannya, “saya berharap gerakan pramuka mampu menelorkan program yang inovatif, kreatif, dan berdampak pada masyarakat. Utamanya dalam kerangka menghadapi berbagai perubahan yang kita hadapi. Gerakan pramuka harus menjadi garda depan dalam menyemai perdamaian dan memperkokoh persatuan. Dengan potensi yang luar biasa, saya yakin dan percaya gerakan pramuka akan mampu menjawab berbagai tantangan dan perubahan zaman”. tambahnya.

Pembukaan PWN PTK ke-16 tahun 2023 dimeriahkan dengan pagelaran budaya Nusantara yang dilanjutkan dengan defile kontingen dari PTK se-Indonesia.

Sementara itu STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau mengutus 8 (4 putra dan 4 putri) mahasiswa untuk mengikuti serangkaian kegiatan PWN tersebut.

Ketua STAIN Kepri, Dr. Muhammad Faisal, M.ag berharap agar kedepannya kita dapat ikut serta dengan menurunkan peserta penuh sesuai dengan kouta peserta yg diminta panitia penyelenggara, dan juga seluruh pembina pramuka maupun pembantu pembina agar dapat ikut serta mendampingi adik'-adik dalam mensukseskan kegiatan, sehingga tumbuh semangat untuk memberikan hasil yg terbaik dalam upaya mengharumkan nama kampus di level nasional. ujar ketua STAIN

Anggota Racana STAIN Kepri diminta untuk mengikuti seluruh rangkaian acara dengan serius dan membawa pengalaman untuk dibawa ke pangkalan untuk dibagi dengan anggota yang lain. Selain itu diharapkan mereka juga dapat bersosialosasi dan membangun relasi dengan seluruh racana se Indonesia, "Salam Pramuka". Tutup Ketua STAIN. (ex)