السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

STAIN KEPRI Selenggarakan Wisuda Sarjana Strata I Angkatan VII T.A. 2022/2023

  • 29 November 2022
  • Oleh: HUMAS STAIN KEPRI
  • 323
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Strata I Angkatan VII Tahun Akademik 2022/2023 di di Trans Convention Centre, Tanjungpinang, Selasa (29/11/2022).

Hadir dalam Sidang Senat Terbuka ini dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan yakni Dr. Muhammad Dali, MM, Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah (KANWIL) kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Abu Sufyan, M.Pd.I, Pemerintah Kabupaten Bintan yang diwakili oleh PLT Asisten Administrasi dan Umum, Dra. Hj. Mardiah, MM, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri, Hanafi Ekra, Ketua Dewan Penyantun STAIN SAR Kepri, Dr. H. Hardi Selamat Hood, M.Si. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Drs. Achmad Husein, M.H.I, Salah satu Pendiri STAIN yang juga Tokoh Masyarakat, Drs. H. Dalmasri Syam, M.M, Perwakilan STAI Miftahul Ulum Tanjung Pinang, Baznas Provinsi Kepri dan juga Tamu Undangan lainnya.

Pada sidang senat terbuka tahun ini, STAIN Sultan Abdurrahman wisudakan 129 mahasiswa yang terdiri dari empat Program Studi (PRODI) yaitu Program Studi Ilmu Manajemen Pendidikan Islam berjumlah 68 Mahasiswa dengan gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd),  Program Studi Hukum Keluarga Islam berjumlah 20 Mahasiswa dengan gelar Sarjana Hukum (S.H), Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah berjumlah 22 Mahasiswa dengan gelar Sarjana Hukum (S.H), dan yang terakhir Program Studi Ilmu Al-Qurán dan Tafsir berjumlah 19 Mahasiswa dengan gelar Sarjana Agama (S.Ag).

Dari keseluruhan wisudawan, 85 diantaranya meraih predikat lulus Dengan Pujian atau Cum Laude. Dari sisi predikat kelulusan, IPK wisudawan mayoritas meraih gelar Sangat Memuaskan pada wisuda Tahun ini dan untuk IPK tertinggi wisuda Tahun ini adalah 3.88.

Ketua STAIN Sultan Abdurrahman, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag dalam sambutan dan juga orasi ilmiah mengatakan, wisuda merupakan kegiatan monumental bagi sebuah perguruan tinggi sebagai bukti eksistensi dalam implementasi tridharma perguruan tinggi untuk mengabdi dan berkiprah dimasyarakat. Momentum wisuda pada STAIN SAR Kepri tahun ini memberikan makna penting, karena setelah wisuda sebelumnya selama dua kali berturut-turut yaitu Tahun 2020 dan 2021 yang lalu dilaksanakan secara daring dan luring sangat terbatas karena adanya pandemi Covid-19, maka hari ini Kembali kita melaksanakan wisuda dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan walaupun hanya separuh dari total kapasitas diruangan ini dan juga bisa disaksikan melalui media Youtube secara live streaming, “pelaksanaan wisuda ini memiliki makna bagi eksistensi, akselerasi, pengembangan serta penguatan kampus STAIN Sultan Abdurrahman Kepri hari ini dan masa akan datang”, pungkas Ketua.

Ketua menambahkan, kita patut bersyukur, setelah memasuki Tahun ke-5 Penegerian STAIN SAR Kepri ini, banyak capaian-capaian yang telah dilakukan. Untuk itu, atas nama segenap Civitas Akademika, kami mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Kementerian Agama, Dewan Penyantun, para orang tua, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Cerdik Pandai, para pendiri dan pejuang yang telah mencurahkan dharma baktinya untuk kampus ini, “semoga Allah senantiasa memberikan rahmat dan membalas segala amal jariah yang tulus ikhlas ini dengan kemulian,” tutur Ketua.

Kepada orang tua/wali wisudawan kami ucapkan tahniah dan selamat serta sanjungan setinggi-tingginya atas keberhasilan putra-putrinya sehingga mencapai kualitas sarjana. Kami dari STAIN SAR Kepri hanya bisa memberikan setetes ilmu dan keikhlasan kepada mereka, namun bapak dan ibu sekalianlah yang memberikan lautan samudera ketulusan, doá, harapan, perjuangan dan keberkahan untuk keberhasilan mereka.

Untuk seluruh wisudawan yang telah mengenyam Pendidikan di STAIN Sultan Abdurrahman Kepri kata Ketua, jagalah nama almamatermu ditengah-tengah masyarakat jadikanlah ilmu yang didapat selama belajar dikampus STAIN SAR Kepri sebagai Langkah strategis untuk menggapai cita-cita yang lebih tinggi lagi ke jenjang Strata II dan Strata III, “jangan pernah lupakan jasa orang tua yang telah membantu Pendidikanmu sampai pada jenjang sarjana ini, hormati mereka, doakan mereka, cium tangan mereka karena itulah caranya berbakti yakinlah bahwa keberhasilanmu dimasa sekarang dan akan datang tidak pernah lepas dari doá dan ketulusan hati mereka yang selalu menyertai hidupmu,” ujar ketua.

Ketua STAIN SAR Kepri Kembali menyampaikan pesan kepada seluruh sarjana yang telah diwisuda untuk selalu rendah hati dan tidak sombong, namun semakin bertawadhu bahwa apa yang telah diraih hari ini semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt. Semakin berilmu semakin meningkatkan ubudiyah kepada Allah Swt. “orang berilmu bukan dilihat dari gelarnya, tapi karena akhlak. Jadilah sarjana berkualitas yang bijak dan mumpumi, menjadi penyuluh ditengah masyarakat.” Ungkap Ketua.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bintan, Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd yang menjadi wakil dari Orang Tua wisudawan/wisudawati mengucapkan terima kasih banyak kepada STAIN SAR Kepri yang telah mewisuda Putra/Putri Kami, “kami sangat berbahagia hari ini karena anak kami telah menjadi sarjana, dan terima kasih banyak kami ucapkan kepada STAIN SAR Kepri,” pungkas Erman.

Ketua Dewan Penyantun STAIN SAR Kepri, Dr. H. Hardi Selamat Hood, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kebahagiaan wisudawan/wisudawati hari ini adalah kebahagiaan kami juga, saya ingin menyampaikan doá setulus-tulusnya kepada Ayah Bunda Wisudawan/Wisudawati yang telah membawa anaknya pada hari ini untuk diwisuda, “para wisudawan/wisudawati hari ini adalah orang yang cerdas, saat ini para Wisudawan diukur dengan kecerdasan karena kecerdasan adalah hal yang sangat penting,” pungkas Hardi.

Muhammad Dali yang mewakili Gubernur Provinsi Kepulauan Riau mengucapkan selamat kepada Wisudawan/Wisudawati karena hari ini kalian berada pada titik nol yang berikutnya, kepada orang tua wisudawan/wisudawati saya juga ucapkan selamat dan tahniah, “saya bisa membayangkan susahnya menjadi orang tua, mulai dari mendaftarkan anak dan sampailah pada saat yang berbahagia pada saat ini yakni acara Wisuda,” tutup Dali.

Di kesempatan berbeda, Kabag Administrasi Umum Akademik dan Keuangan (AUAK) STAIN SAR Kepri, H. Imam Subekti, M.Pd.I, mengucapkan selamat kepada Wisudawan/Wisudawati Angkatan Ke VII Tahun 2022 yang berjumlah 129 mahasiswa, dengan adanya wisuda ini menjadi tonggak awal bagi wisudawan/wisudawati untuk meningkatkan jenjang baik jenjang Pendidikan maupun jenjang karir dan tetap menjaga almamater STAIN SAR Kepri.

Kabag menambahkan, tonggak awal Pendidikan anda di STAIN SAR ini hendaklah anda kembangkan dimasyarakat baik didunia kerja maupun anda melanjutkan Kembali ke jenjang Strata II, “mudah-mudahan dengan adanya peningkatan kualitas ilmu Pendidikan dan ekonomi akan menjadikan saudara-saudara bermanfaat dimasyarakat,”pungkas Kabag.

Kabag Kembali menambahkan, jadikan almamater ini harum dimasyarakat sehingga dengan adanya wisudawan/wisudawati bisa mempromosikan kampus kedepan, dan mohon doá juga bahwa STAIN SAR Kepri saat ini sedang proses untuk transformasi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang akan menjadikan satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di Provinsi Kepulauan Riau. (nDr).