السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Ketua STAIN Kepri Buka Seminar Sosialisasi Pendidikan Politik

  • 30 September 2022
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 788
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag membuka secara resmi kegiatan seminar sosialisasi Pendidikan Politik yang digelar pada Jum'at, (30/9/2022) bertempat di Auditorium Razali Jaya STAIN Kepri.

Seminar yang mengangkat tema "Peran Mahasiswa dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024" ini ditaja oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) STAIN Kepri dan menghadirkan peserta dari Dema yang berasal dari berbagai kampus di Kepulauan Riau.

Dalam sambutannya, Ketua meminta Bawaslu memberikan pemahaman terkait bagaimana pengawasan partisipatif dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia.

“Pasca reformasi tentunya konsep demokrasi jelas berbeda dari sebelum reformasi. Keterlibatan mahasiswa secara aktif sangat diperlukan.” Tuturnya.

“Peran strategis mahasiswa dalam pengembangan politik Indonesia perlu dimaksimalkan, mengingat ide-ide mahasiswa dalam politik masih murni karena belum masuk kedalam politik praktis.” Tambah Ketua.

Lebih lanjut Muhammad Faisal menegaskan bahwa tahun 2022 s.d 2024 dinamika politik akan terjadi di Indonesia, untuk itu peran mahasiswa di Indonesia khususnya di Kabupaten Bintan perlu ditingkatkan guna menjadi garda terdepan dalam mengawal pesta demokrasi di tahun 2024.

Narasumber pada kegiatan tersebut yakni Bawaslu Kabupaten Bintan yang memaparkan materi terkait Peran Bawaslu dalam Mengawal Pemilu 2024 bagi Pelajar dan Mahasiswa serta narasumber dari Kebangpol Kabupaten Bintan yang menjelaskan materi terkait Wawasan Kebangsaan Dunia Politik. (luluk)