السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

DWP STAIN Kepri Gelar Tes IVA dan Sadanis Gratis

  • 10 Agustus 2022
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 175
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan IlmuDharma Wanita Persatuan (DWP) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau bekerja sama dengan DWP Kanwil Kemenag Prov. Kepri menggelar Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan Sadanis secara gratis bagi seluruh civitas akademika STAIN Kepri pada Rabu (10/08/2022).

Kegiatan tersebut sebagai upaya menindaklanjuti program Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama RI Pusat sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Indonesia.

Bertempat di Kanwil Kemenag Prov. Kepri, Tes IVA dan Sadanis diikuti oleh peserta yang seluruhnya wanita terdiri dari anggota DWP, dosen dan tenaga kependidikan STAIN Sultan Abdurrahman Kepri .

Secara terpisah Ketua DWP STAIN Kepri, Nurhidayu, S.Kep mengungkapkan bahwa Tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Sedangkan Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan yang terlatih.

“Tes Iva dan sadanis ini program yang bagus untuk diikuti, deteksi dini ini merupakan upaya untuk mencegah adanya penyakit kanker, karena lebih baik mencegah daripada mengobati.” Jelasnya.

Tes IVA dan Sadanis ini di selenggarakan secara serentak pada Rabu (10/8/2022) di 34 Kanwil Kemenag Provinsi, KanKemenag Kabupaten/Kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri se-Indonesia. (luluk)