السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah mengadakan kegiatan “Gebyar Muharram 1444 H”.

  • 02 Agustus 2022
  • Oleh: Nur’aini Safitri
  • 123
Kabar Prodi

Bintan - Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu Dalam rangka menyambut tahun baru islam 1 Muharram 1444 H, Badan Pengurus Harian Program Studi Hukum Ekonomi Syariah STAIN Sultan Abdurrahman mengadakan kegiatan “Gebyar Muharram 1444 H dengan tema “Meningkatkan Akhlakul Karimah Santri/wati di Era Digitalisasi dalam Momentum Tahun Baru Hijriah”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam satu waktu saja, adapun kegiatan yang kami selenggarakan ialah lomba pidota dan nasyid yang peserta nya terdiri dari anak-anak warga sekitar dan anak anak TPQ Surau Nurul Ikhwan KM 16, Toapaya Selelatan., Kec. Toapaya, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Minggu, (31/7).

Acara ini di hadiri oleh KA Prodi HESy Bpk. M. Azmi, ME dan Sekretaris Ibu Ratna Susanti, M.H Penyambutan kata pertama di sampaikan oleh ketua pelaksana yakni Ahmad Jasmi dan dilanjutkan oleh Ustd. Abu dzar. Acara ini dibuka langsung oleh Sekretaris prodi Hukum Ekonomi syariah Ibu Ratna Susanti. Pengurus surau Nurul Ikwan terdiri dari Ketua bpk. Suryanto , Bendahara Bpk. Ali yannapia, Sekretaris Bpk. Hermansyah, Imam Bpk Abuzar.

Dalam penyampaiannya ketua pelaksana kegiatan mengatakan “kegiatan ini dilakukan untuk menyambut tahun baru islam/hijriah dan juga menjadi kegiatan untuk ajang mengasah kemampuan dan pengetahuan anak-anak. Karena banyak sekali anak muda zaman sekarang ketika di tanya kapan tahun baru islam mereka pada tidak tau menau, mereka lebih banyak mengetahui tahun baru masehi  saja.” ucapnya.

Pengurus masjid mengucapkan ucapan terimakasih kepada mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah yang telah mengadakan acara penyambutan tahun baru islam ini.

Sebelum kegiatan lomba dimulai diisi dengan ceramah singkat oleh ustd Renaldi ilham yang merupakan Alumni mahasiswa prodi Hesy/ kakak tingkat. Selanjutnya acara yang dinanti-nanti ialah lomba yang terdiri dari Lomba Pidato yang dipegang oleh juri Marzuki Syahfitrah H dan Lomba Nasyid Oleh juri Muhammad NurRohman.

Terlihat anak-anak sangat antusias dan bersemangat tinggi dalam mengikuti lomba tersebut, tidak lupa pula mengikuti acara sampe selesai. Saat lomba berlangsung orang tua dari peserta juga hadir untuk melihat anaknya berlomba. Kegiatan lomba berlangsung dengan baik dan lancar. Pengumuman pemenang lomba diumumkan pukul 13.00 WIB. Saat diumumkannya para pemenanglomba terlihat peserta telah menunggu-nunggu hasil dari dewan juri.

Setelah  pengumuman pemenang lomba tersebut para peserta yang mendapat juara sangat bahagia dan tidak lupa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto bersama hadiah dan sertifikat yang mereka dapatkan.

Acara yang terakhir ditutup dengan foto bersama, dengan adanya kegiatan ini dinilai sangat berdampak positif terhadap anak-anak karena selain  mengasah kemampuan anak didik juga dapat menanamkan kepada peserta lomba tentang makna Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H. Semoga dengan kegiatan ini para anak-anak lebih semangat lagi dalam menimba ilmu agama, sebagai bekal mereka dewasa nanti dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan beragama. (nsi/acu)