السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Perkuat Literasi Anak Usia Dini, Ketua Prodi PIAUD STAIN SAR Kepri Tekankan Pentingnya Budaya Membaca

  • 13 Januari 2022
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 300
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menjadi narasumber pada kegiatan Penerapan Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) pada Pembelajaran di Raudhatul Anfal (RA) Se-Kabupaten Bintan pada Kamis (13/1/2022).

Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Razali Jaya Lantai 2 Kampus STAIN SAR Kepri ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bintan Drs. H. Erman Zaruddin, M.M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa di RA para peserta didik mendapatkan pendidikan agama yang kuat, memupuk rasa cinta agama sejak dini, dunia akhirat seimbang, dan guru yang solid.

Pada kesempatan tersebut Ketua Prodi PIAUD STAIN SAR Kepri, Sri Zulfida, M.A dipercaya menjadi narasumber dan menyampaikan materi terkait menumbuhkan budaya literasi pada anak usia dini. 

“Literasi adalah kemampuan membaca, menganalisis suatu bacaan, memahami konsep dibalik tulisan tersebut.” Ujar Sri Zulfida.

Sri menjelaskan bahwa praliterasi sangat penting karena merupakan tatanan fondasi untuk menguasai kemampuan membaca dan menulis serta berhitung menyenangkan. Praliterasi harus dikembangkan dengan baik di PAUD dan tidak dialihkan dengan penguasaan keaksaraan konvensional. Semakin anak bertumbuh besar, mereka harus mempelajari hubungan antara huruf-huruf baik yang tertera diatas kertas maupun diucapkan melalui suara.

“Membaca secara teratur bagi anak usia dini akan merangsang pola perkembangan otak secara maksimal yang  membantu membangun jalur yang kuat di otak dan pada gilirannya membangun keterampilan bahasa, literasi dan sosial emosional yang dapat dimiliki dan bermanfaat untuk kesehatan seumur hidup.” Pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 90 orang peserta yang berasal dari guru seluruh RA yang ada di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. (luluk)