السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Jelang Pelaksanaan SKB CPNS di STAIN SAR Kepri, Berbagai Persiapan Dilakukan

  • 04 Desember 2021
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 257
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan IlmuPelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun 2021 sebentar lagi akan digelar, berbagai persiapan telah dilakukan khususnya oleh bagian Kepegawaian STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau pada Sabtu (4/12/2021).

Sementara mengenai materi tes, menurut Kabag AUAK STAIN SAR Kepri H. Imam Subekti, S.Ag., M.Pd.I. terdapat tiga indikator yang dijadikan standar kelulusan, yaitu Psikotes, Praktik kerja, dan Wawancara.

Psikotes bertujuan untuk melihat berbagai aspek psikologis seperti kecenderungan kepribadian, kemampuan berpikir, kondisi emosi, sikap dan perilaku dalam bekerja, baik bekerja secara individu maupun dengan orang lain. Sedangkan kompetensi praktik kerja diperlukan sesuai dengan pelaksanaan tugas jabatannya, sehingga individu mampu menampilkan serta menunjukkan kerja profesional dalam jabatan yang akan diampunya.

“Terakhir berupa wawancara dimaksudkan untuk menilai wawasan kebangsaan, moderasi beragama dan kapasitas ritual keagamaan.” Ujar Imam Subekti.

Rincian bobot nilai dalam Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang terdiri dari Psikotes 35%, Praktik Kerja 35 %, Wawancara 30%. Sementara untuk lokasi Seleksi Kompetensi Bidang berbasis Kabupaten/kota untuk mengurangi mobilitas peserta dan panitia.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilaksanakan dengan pemanfaatan media daring dengan tetap menjaga kualitas seleksi. Sementara untuk jadwal pelaksanaanya: Praktik Kerja 5 s.d 6 Desember 2021, Wawancara 7 s.d 8 Desember 2021 dan Psikotes 9 Desember 2021. (marta/luluk)