السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Prodi HES STAIN SAR Kepri Adakan Seminar Legal Drafting

  • 22 November 2021
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 66
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) mengadakan Seminar Legal Drafting mengangkat tema “Peningkatan Literasi Legal Drafting dalam Pandangan Hukum Positif  dan Hukum Islam bertempat di Auditorium Razali Jaya pada Senin (22/11/2021).

Hadir dua orang sebagai narasumber yaitu Ronifiska Kirana, S.H. M.Kn yang berprofesi sebagai Notaris, Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), dan selaku Dosen pada prodi Hukum Ekonomi Syariah STAIN SAR Kepri, dan Supri Yadin Hasibuan, Lc., M.Sy yang merupakan Kepala Labor Prodi Hukum Ekonomi Syariah STAIN SAR Kepri.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua II Drs. Al Mahfudz, M.Si., beliau berpesan bahwa belajar itu tidak hanya teori-teori yang didapat di kelas akan tetapi bisa didapat juga melalui seminar seperti ini oleh para pakar di bidangnya, dan akan kita ketahui bagaimana bentuk kolaborasi antara hukum positif dan hukum Islam.

Di awal penyampaiannya Ronifiska menegaskan adanya perbedaan antara Notaris dan PPAT, selanjutnya beliau memaparkan aturan-aturan dalam membuat perjanjian.

Pengertian legal dafting secara sempit adalah penyusunan/perancangan Peraturan Perundang-undangan. Sementara secara luas adalah kegiatan praktek hukum yang menghasilkan peraturan.

“Sebagai contoh Pemerintah membuat Peraturan Perundang-undangan; Hakim membuat keputusan Pengadilan yang mengikat publik; Swasta membuat ketentuan atau peraturan privat seperti; perjanjian/kontrak, kerjasama dan lainnya yang mengikat pihak-pihak yang melakukan perjanjian atau kontrak.“ Ujarnya.

Sementara itu Supri Yadin dalam penjelasannya mengatakan bahwa legal drafting bukanlah hal yang asing dalam hukum Islam. Hukum Islam mengenal yang dinamakan dengan akad dan wa’d, yang mana akad dan wa’d ini harus dipenuhi jika sudah dibuat. (arif/luluk)