السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

15 CPNS Tahun 2020 STAIN Kepri Jalani Pelatihan Dasar Secara Virtual

  • 02 Agustus 2021
  • Oleh: Humas STAIN Kepri
  • 251
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan IlmuSebanyak 15 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Tahun 2020 menjalani pelatihan dasar (Latsar) CPNS yang dilakukan secara virtual mulai dari 2 Agustus 2021 sampai dengan November 2021.

Pembukaan Latsar CPNS  dibuka secara resmi oleh Dr. Adi Suryanto, M.Si selaku Ketua Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI pada Senin (02/08/2021) yang dilakukan secara virtual menggunakan zoom meeting. Dalam pembukaan Latsar, Ketua LAN RI berpesan agar kita harus mampu beradaptasi dengan cepat di era teknologi ini. Tentu kita harus menyiapkan sumber daya aparatur atau ASN yang kompeten, professional sebagai aktor strategi pelayanan publik juga birokrasi.

“Kita sekarang fokus dalam pembangunan sumber daya manusia khususnya bagi ASN dan kita telah melakukan pembenahan mulai dari recruitment sampai dengan pola pengembangan kompetensi.” Tutupnya.

Pelaksanaan Latsar CPNS tahun 2021 dilakukan melalui 4 metode diantaranya; Massive Open Online Course (MOOC), Distance Learning, Off Campus, dan berakhir dengan Klasikal yang dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang.

Pada Pembelajaran mandiri (MOOC) dilakukan melalui akun swajar. Tujuan pembelajaraan MOOC adalah mampu memahami semua mata pelatihan yang ada di dalam MOOC. Jadi, pastikan peserta latsar mengakses semua bahan-bahan yang ada di dalamnya kemudian dibaca dan dipahami karena ketika masuk ke dalam pembelajaran distance learning, pemahaman ini sudah tidak akan diberikan.

Tahap selanjutnya adalah Off Campus yakni peserta Latsar membuat aktualisasi seputar isu yang berkembang di STAIN SAR Kepri sesuai dengan bidang kerjanya masing-masing.

Tahap terakhir adalah Klasikal yang dilaksanakan di BDK padang. Pada tahap ini adalah pembentukan karakter karena peserta latsar adalah ASN yang harus memiliki karakter tertentu ketika nanti bergantung ke dalam Korps ASN di Indonesia. (luluk)