السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Pertama Kali Diaudit Kinerja oleh Itjen Kemenag RI, STAIN SAR Kepri Berhasil Memperoleh Nilai Kehematan Cukup Ekonomis

  • 24 Juni 2021
  • Oleh: Luluk Fatimah, S.Pd
  • 736
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan IlmuSekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau menghadiri kegiatan Exit Meeting yang dilakukan oleh Tim Audit Itjen Kemenag RI bertempat di Ruang Rapat Balai Titah pada Kamis (24/06/2021).

Exit Meeting merupakan tahapan atau proses dalam Audit Kinerja tugas dan Fungsi.  Dalam kegiatan ini tim Auditor mengekspos atau memapaparkan hasil audit kinerja yang sudah dilakukan oleh para auditor selama 10 hari kerja di kampus STAIN SAR Kepri.

Sesuai dengan Audit Kinerja Tugas dan Fungsi, maka Sekolah Tinggi mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun ilmu pengetahuan dan/atau teknologi keagamaan Islam dan jika memenuhi syarat dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Sementara fungsi Sekolah Tinggi diantaranya; Perumusan dan penetapan visi, misi, kebijakan, dan perencanaan program, penyelenggaraan dan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, pelaksanaan pembinaan civitas akademika, dan pelaksanaan administrasi, evaluasi, dan pelaporan.

Tujuan Audit Kinerja adalah untuk mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap kinerja satuan kerja yang meliputi audit atas aspek kehematan (ekonomis), efisiensi, dan efektivitas (3E); Memberikan nilai tambah dan meningkatkan operasional satuan kerja; Memberikan peringatan dini atas kinerja dan pencapaian sasaran dan/atau tujuan yang telah direncanakan satuan kerja.

Rata-rata penilaian hasil Audit Kinerja Tugas dan Fungsi STAIN SAR Kepri oleh Itjen Kemenag RI adalah sebesar 70,778 dengan kualitas kinerja Ekonomis dalam pengelolaan keuangan dan BMN; Cukup Efisien dalam kinerja fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaporan; serta Cukup Efektif dalam pencapaian hasil (outcome).

Dr. Muhamamd Faisal, M.Ag mengungkapkan kelegaannya dengan hasil Audit Kinerja yang dicapai, karena ini merupakan pengalaman pertama STAIN SAR kepri di audit kinerja oleh Itjen Kemenag RI.

“Terimakasih kepada tim Auditor Itjen Kemenag RI dan semua Civitas Akademika atas kinerjanya, semoga dengan hasil Audit Kinerja yang kita peroleh bisa menambah semangat dan memaksimalkan kinerjanya untuk waktu yang akan datang.” Ungkap Ketua.

“Tentunya segala kekurangan pelaporan, administrasi yang belum lengkap dan sempurna untuk segera di lengkapi dan disempurnakan.” Pungkasnya. (luluk)