السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi, STAIN SAR Kepri Optimis dapat Nilai Minimal Baik

  • 21 Juni 2021
  • Oleh: Luluk Fatimah, S.Pd
  • 1169
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau sedang melakukan Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting yang berlangsung selama 2 hari yakni mulai dari 21 Juni sampai dengan 22 Juni 2021.

Tim Asesor dalam Asesmen Lapangan Akreditasi STAIN Sultan Abdurrahman Kepri terdiri dari 3 orang yakni Prof. DR. Muhammad Nasir, SE., M.Si, Prof. Dr. Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA dan Dr. Muhammad Rohmadi, S.S., M.Hum.

Kegiatan Asesmen hari pertama diawali dengan pembukaan asesmen yang terdiri dari pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan.

Selanjutnya Sesi dengan Pimpinan STAIN Sultan Abdurrahman Kepri yang terdiri dari Ketua Dr. Muhammad Faisal, M.Ag, Wakil Ketua 1 Aris Bintania, M.Ag, Wakil Ketua 3 H. Fahmi Fikri, S.Ag, M.Si, dan Kabag AUAK H. Imam Subekti, M.Pd.I. Dalam sesi ini berisi konfirmasi terkait kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi.

Disesi selanjutnya adalah konfirmasi Data LKPT / Excel data Perguruan Tinggi yang berisi penetapan data LKPT final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif. Dilanjutkan sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal yang meminta ponfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala dan bukti tindak lanjut hasil SPMI.

Kemudian sesi dengan Tim Akreditasi yakni konfirmasi data dan informasi dalam Laporan EvaluasivDiri (LED) / Buku III dilanjutkan sesi dengan (middle) Manajemen Perguruan Tinggi yang meminta konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi).

Sesi terakhir untuk Asesmen hari pertama adalah dengan alumni dan pengguna eksternal. Dalam sesi ini Asesor meminta konfirmasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari stakeholders external terkait luaran Perguruan Tinggi.

Dalam Asesmen Lapangan ini STAIN SAR Kepri optimis mendapatkan nilai minimal Baik, karena semua data yang dibutuhkan sudah dipersiapkan dengan sebaik mungkin. (luluk)