السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Akan Diaudit Kinerja Oleh Itjen Kemenag RI, STAIN SAR Kepri Melakukan Koordinasi dan Persiapan

  • 11 Juni 2021
  • Oleh: Luluk Fatimah, S.Pd
  • 429
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan IlmuSekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melakukan berbagai persiapan dan koordinasi terkait persiapan audit kinerja oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI. Kegiatan koordinasi dihadiri oleh seluruh tenaga pendidik dan kependidikan bertempat di Auditorium Razali Jaya Lantai 2 Gedung STAIN SAR Kepri pada Jum’at (11/06/2021).

Audit Kinerja menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 pasal 50 ayat (2) menyatakan bahwa audit kinerja adalah audit atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah yang terdiri atas aspek kehematan, efisiensi dan efektifitas.

Kegiatan Audit Kinerja oleh Itjen Kemenag RI di jadwalkan akan mulai pada Senin (14/06/2021) hingga 12 hari kerja kedepan. Kegiatan koordinasi dan persiapan Audit Kinerja STAIN SAR Kepri dipimpin secara langsung oleh Kabag AUAK STAIN SAR Kepri H. Imam Subekti, M.Pd.I.

Dr. Muhammad Faisal, M.Ag selaku Ketua STAIN SAR Kepri berpesan agar semua tenaga pendidik dan kependidikan maksimal dalam mempersiapkan segala administrasi yang di perlukan untuk Audit Kinerja STAIN SAR Kepri.

“Tidak ada pegawai yang izin, dinas luar, atau cuti. 12 hari kerja kedepan harus stand by dari jam 7.30 WIB sampai jam 16.30 WIB. Disiplin dalam melaksanakan tugas, rapi dan tertib administrasi serta absensi juga wajib diperhatikan.” Ujar Ketua.

Sementara itu Kabag AUAK STAIN SAR Kepri H. Imam Subekti, M.Pd.I yang memimpin jalannya koordinasi persiapan Audit Kinerja STIAN SAR Kepri menyampaikan banyak hal terkait berbagai persiapan yang harus di kerjakan baik oleh pendidik maupun tenaga kependidikan STAIN SAR Kepri.

“Banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari Keuangan ( SAIBA, LRA, dan lain-lain) beserta bukti-buktinya, Penilaian Kinerja, Pencapaian Kinerja, Administrasi Umum, ANJAB dan ABK, prodi dan semua unit-unit yang ada di STAIN SAR Kepri.” Ujarnya.

Beliau memberikan rincian secara detail apa saja yang harus disiapkan dan dikerjakan. Diantaranya Penilaian Kinerja meliputi; Absensi, Daily aktivity beserta laporan kinerja baik Dosen dan Tenaga Kependidikan. Pencapaian Kinerja meliputi; aspek Ketetapan Sasaran, Ketepatan Jumlah, Ketepatan Waktu, Ketepatan Pengelolaan Dana, dan Ketepatan Administrasi. Administrasi Umum meliputi; Tata Naskah Dinas/surat masuk dan keluar), ST/SPD  dan Laporannya, SK, dan lain-lain. ANJAB DAN ABK, Uraian Tugas , dan SOP.

Kemudian Unit-unit yang ada di STAIN SAR Kepri, diantaranya: Perpustakaan meliputi; Tata Persuratan, Buku, layanan, dan lain-lain. TIPD (seluruh data), Akademik (Mahasiswa, UKT, serta Bansos), P2M (tata naskah dinas, Serdos, SOP, Kurikulum dan lain-lain), P3M (Tata Naskah Dinas, Penelitian dan Pengabdian, dan lain-lain), Prodi (Tata Naskah Dinas, Dosen Homebase beserta datanya, jadwal dan lain-lain), BMN (SIMAK BMN, persedian, dan lain-lain), Perencanaan, Bendahara, serta Dosen dan Tendik dengan tugas tambahan.

Dengan dilakukan kegiatan koordinasi dan persiapan ini diharapkan mampu memaksimalkan segala hal yang diperlukan agar Audit Kinerja STAIN SAR Kepri nantinya lancar dan memperoleh penilain kinerja yang baik. (luluk)