السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Waka I STAIN SAR Kepri Buka Kegiatan Bedah Visi Misi dan Review Kurikulum Prodi PIAUD

  • 29 April 2021
  • Oleh: Luluk Fatimah, S.Pd
  • 159
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu Progam Studi (Prodi) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melaksanakan kegiatan Bedah Visi Misi dan Review Kurikulum Prodi PIAUD STAIN Sultan Abdurrahman Kepri secara virtual pada Kamis (29/4/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk merumuskan dan meminta masukan dari stakeholder untuk kurikulum Prodi PIAUD STAIN SAR Kepri yang sudah ada saat ini, sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat serta untuk mempersiapkan lulusan yang terbaik dan siap untuk dunia kerja yang tidak hanya memiliki kemampuan keilmuan tentang anak usia dini, tapi juga dibekali dengan nilai-nilai keislaman serta kemelayuan.

Aris Bintania, M.Ag selaku Wakil Ketua I bidang Akademik dan Kelembagaan STAIN SAR Kepri dalam sambutannya menyampaikan menyebut nama anak dalam Bahasa Indonesia hanya disebut anak saja, akan tetapi dalam konsep Al Qur’an penyebutan anak diidentifikasi banyak sekali, mulai dari konsep anak dan kelahirannya, anak dalam perkembangannya, ada filosofi yang diinginkan dari penyebutan anak tersebut.

“Misal disebut konsep janin, yakni proses pembentukan anak didalam kandungan ibu, penyebutan janin tersebut bisa menginspirasi bagaimana persiapan seorang ibu dalam masa kehamilannya. Keadaan tumbuh kembang janin itu dipelajari sehingga melahirkan konsep anak yang sehat mental dan fisik sejak dalam kandungan. Kemudian setelah lahir ada namanya ashobi yakni fase perkembangan anak, bahwa pengasuhan anak yang terbaik adalah dari orang tua yakni ayah dan ibu kandung.” Ujarnya.

Waka I menyambut baik kegiatan ini, mudah-mudahan bermanfaat untuk pengembangan Kurikulum Prodi PIAUD, serta saran-saran nantinya dari narasumber dan stakeholder bisa diimplementasikan, sehingga dapat mewujudkan kurikulum terbaik untuk Prodi PIAUD.

Senada dengan Waka I,  Ketua Prodi PIAUD STAIN SAR Kepri Sri Zulfida, M.A menyampaikan ucapan terimakasih kepada para narasumber dan juga peserta serta stakeholder yang sudah bergabung dalam kegiatan ini, dan meminta masukannya untuk Kurikulum Prodi PIAUD STAIN SAR Kepri agar lebih baik dan tepat sasaran.

Review Kurikulum ini, Prodi PIAUD mengundang 3 orang narasumber, yaitu Laili Ramadani, S.Pd.I.,M.A yang merupakan Wakil Ketua PPS PIAUD Indonesia, kemudian Indy Ari Pratiwi, M.Pd yang merupakan Dosen dari IAIN Kudus serta Lina Eka Retnaningsih, M.Pd yang merupakan Asesor BAN-PAUD. Kegiatan ini diikuti oleh Dosen Prodi PIAUD dan STAIN Sultan Abdurrahman Kepri, stakeholder baik dari Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI) Kepri, Guru-Guru RA, TK dan lainnya serta mahasiswa Prodi PIAUD STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

Hai ini bisa dijadikan dasar untuk PIAUD dalam menjalankan visi dan misinya, semoga Prodi PIAUD bisa Menyusun visi dan misi yang terbaik yang bisa membawa kemaslahatan untuk orang banyak. (abror/luluk)