السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Prodi MBS STAIN SAR Adakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah

  • 01 April 2021
  • Oleh: Luluk Fatimah
  • 272
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan IlmuProgam Studi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah. Bertempat di Auditorium Razali Jaya, pelatihan diadakan selama sehari yakni pada Kamis (01/04/2021).

Pelatihan penulisan Karya Ilmiah ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan Dosen Prodi MBS STAIN SAR terkait bagaimana membuat penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar.

Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah STAIN SAR Kepri, Sudanto, MM mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa yang sebentar lagi akan menghadapi kelulusan, tentunya pelatihan membuat karya tulis ilmiah ini akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan dosen.

Sudanto juga menambahkan Prodi MBS ini adalah Prodi baru, usianya baru 2 tahun sedangkan pelatihan yang digelar ini adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan, namun dalam silabus sudah ada pembelajaran menulis yang disebut metodologi penulisan, sedangkan pelatihan yang kini dilaksanakan adalah untuk menambah kompetensi mahasiswa.

“Ini memang baru pertama kali dilakukan, kalau didalam Silabus, memang ada mata kuliah penulisan karya ilmiah dengan judul besarnya adalah metodologi penelitian, metodologi penelitian itu mencakup penulisan karya ilmiah.” Terangnya

Lanjut Sudanto, dirinya menginginkan melalui pelatihan menulis karya ilmiah ini mahasiswa akan menjadi mengerti dan memahami cara membuat karya tulis ilmiah serta tujuannya.

Sekretaris Prodi MBS STAIN SAR Dwi Vita Lestari, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan penulisan karya ilmiah ini merupakan kegiatan untuk peningkatan suasana akademik diluar perkuliahan bagi mahasiswa STAIN SAR, yang diikuti oleh dosen Manajemen bisnis syariah, mahasiswanya dan beberapa perwakilan prodi lain.

“Kita inginkan sesudah pelatihan ini, peserta akan membuat artikel dan opini yang akan kami publis di media, artikelnya juga akan kita masukkan dibeberapa jurnal perguruan tinggi yang kita kenal dan bekerjasama, dengan kegiatan ini saya harapkan mahasiswa termotivasi  untuk menulis, karena menulis ini juga adalah bagian dari akademik.” Pungkas Vita.

Kegiatan menghadirkan keynote speaker, Sudianto, MM selaku Kaprodi Manajemen Bisnis Syariah STAIN SAR Kepri dan 3 narasumber yakni Satriadi,  S,AP, M.Sc Direktur Pengembangan Prodi dan Pasca Sarjana STIE Pembangunan Tanjungpinang, Irman, SH, MH Kaprodi Fisip Umrah serta Dwi Vita Lestari, M.Pd Sekretaris Prodi MBS STAIN SAR Kepri.

Setelah dilakukan kegiatan pelatihan karya tulis ilmiah ini diharapkan mampu menambah wawasan dan pengetahuan terkait tata cara penulisan karya tulis ilmiah baik dosen maupun mahasiswa. (luluk)