A. PROFIL

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau Kepulauan Riau di Kabupaten Bintan sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di provinsi Kepulauan Riau memiliki peran signifikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat yang sejahtera. Oleh karena itu, komitmen pada kualitas dan keunggulan lulusan adalah orientasi dan pilihan strategis STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau kedepannya. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau bertujuan mencetak para cendikiawan muslim yang profesional yang berwawasan luas sehingga mampu memberikan solusi terhadap problem pendidikan yang dihadapi masyarakat. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam didirikan untuk menjawab berbagai kebutuhan dari dunia kerja yang membutuhkan tenaga kerja khususnya pada lembaga lembaga pendidikan. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam menghasilkan tenaga kependidikan dibidang administrasi, mulai dari sisi perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, pengawasan hingga evaluasi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) merupakan salah satu program studi yang ada di lingkungan Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Prodi MPI STAIN Sultan Abdurrahman ini mulai beroperasi pada tanggal 20 Juni 2010 berdasarkan SK izin operasional DJ.I/454/2010. Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), mendapat gelar S.Pd.I. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam terus meningkatkan kualitasnya, baik bidang akademik maupun administratif dan berusaha mendapatkan pengakuan Nasional. Pada tahun 2013 Prodi Manajemen Pendidikan Islam telah melaksanakan akreditasi BAN-PT. Kemudian kembali melakukan re-akreditasi di tahun 2017 dengan predikat Terakreditasi C berdasarkan keputusan BAN-PT No.234/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2018 yang berlaku mulai tanggal 9 Januari 2018.

B. VISI

Menjadi Program Studi yang Unggul dalam Bidang Manajemen Pendidikan Islam yang dapat Mengintegrasikan Aspek Keislaman, Keilmuan dan Ketamadunan Kemelayuan melalui Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat di Indonesia Tahun 2038.

C. MISI

  1. Mengantarkan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam memiliki keilmuan manajemen di bidang pendidikan Islam mengacu pada pendidikan nasional berlandaskan pada nilai keislaman dan ketamadunan Melayu.
  2. Menyelenggarakan proses pendidikan yang unggul dalam ranah keilmuan manajemen pendidikan yang dapat mengembangkan kompetensi profesinya di bidang manajemen pendidikan Islam.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang manajemen pendidikan Islam di tengah-tengah masyarakat.

D. TUJUAN

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang memiliki keilmuan manajeman pendidikan Islam yang mengacu pada pendidikan nasional berlandaskan Islam dan ketamadunan Melayu.
  2. Mewujudkan sarjana pendidikan Islam yang mampu dan terampil dalam menganalisis persoalan-persoalan pendidikan yang berkembang di masyarakat serta memiliki sikap pro aktif dan terbuka dalam menghadapi perkembangan masyarakat.
  3. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang menguasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan permasalahan yang ada kaitannya dengan pendidikan Islam.
  4. Menghasilkan praktisi dalam bivang manajemen pendidikan Islam, pendidikan yang jujur dan professional serta konsultan lembaga pendidikan Islam yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.

E. PROFIL LULUSAN

  • Profil Utama Lulusan Program Studi MPI adalah:

        Menyiapkan Lulusan menjadi Tenaga Kependidikan (Tenaga Administrasi) pada lembaga pendidikan Islam dan organisasi/ instansi yang menangani pendidikan.

  • Profil Tambahan Lulusan: Menyiapkan lulusan menjadi
  1. Pengelola lembaga pendidikan (madrasah, sekolah, lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, pondok pesantren, majlis ta'lim, dan diniyah takmiliyah).
  2. Pendidik manajemen dan administrasi di SMK/MAK.
  3. Pengelola Pelatihan.
  4. Pengelola SDM.
  5. Peneliti bidang manajemen pendidikan.

F. KOMPETENSI LULUSAN

  1. Memiliki kemampuan melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran agama Islam secara profesional.
  2. Memiliki kemampuan merencanakan, mengelola, mengorganisir dan mengevaluasi serta menerjemahkan kebijakan pendidikan dan mampu menerjemahkan kebijakan pendidikan dan melakukan inovasi-inovasi dalam memajukan lembaga pendidikan Islam.
  3. Memiliki kemampuan dalam merancang sistem lembaga pendidikan Islam yang bermutu.