السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bangun Karakter Mahasiswa yang Kompetitif dan Berdaya Saing Global, STAIN Sultan Abdurrahman Lakukan Pembinaan Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah

  • 24 Februari 2021
  • Oleh:
  • 669
Berita Utama

Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu – Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melakukan kegiatan pembinaan kepada mahasiswa penerima manfaat bantuan bidik misi dan KIP Kuliah  yang mengusung tema Membangun Karakter Mahasiswa yang Kompetitif  dan Berdaya Saing Global ini di selenggarakan di Auditorium Rajali Jaya lantai 2 gedung STAIN pada Rabu (24/02/2021).

Kegiatan pembinaan diawali dengan penyampaian materi terkait tata cara penulisan karya tulis ilmiah oleh Doni Septian, M.IP selaku plt Kepala P3M STAIN SAR Kepri. Beliau menjelaskan karya tulis ilmiah merupakan karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan dasar teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya karya ilmiah berisi data, fakta dan solusi mengenai suatu masalah yang di angkat. Menulis karya ilmiah tidak sama dengan menulis artikel biasa atau koran.

“Di dalam penulisan karya ilmiah, tentunya terdapat kaidah-kaidah yang berlaku, yang mana kaidah-kaidah tersebut dapat dijadikan sebagai pedoman dalam penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Nah, kaidah-kaidah tersebut dibuat agar terjadi penyelarasan dalam penulisan karya ilmiah, sehingga penulisan karya ilmiah mudah dipahami oleh penguji dengan sifat yang seragam.” Ujarnya.

Ia menambahkan dalam pembuatan Karya Tulis Ilmiah, seperti makalah terdapat suatu sistematika di dalamnya baik dalam penulisan maupun tata letak konten-konten yang akan ditulis nantinya. Sebelumnya harus mengetahui terlebih dahulu kerangka-kerangka dalam pembuatan suatu makalah.

Di sisi lain Rika Wahyuni, M.Kom selaku Bendahara STAIN SAR Kepri berkesempatan memaparkan materi terkait Flow Pencairan Beasiswa Bidik Misi dan KIP Kuliah. Beliau menjelaskan alurnya mulai dari start, SK penetapan penerima beasiswa, pengecekan data, pembuatan amprah penerima, membuat SPP, SPM, lampiran, Upload SPM dan Proses KPPN hingga pencairan ke rekening penerima.

Beliau berpesan Jangan ada yang melakukan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) melalui rekening BPN 009 STAIN Sultan Abdurrahman. Khusus mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP, selain semester pertama, melakukan pembayaran UKT setelah pencairan anggaran semester berkenaan.

“Sisakan uang di rekening agar tidak terjadi penonaktifan rekening karena saldo tidak mencukupi. Jika terkendala saat pembayaran Host to Host  dengan Virtual Account, silahkan hubungi bagian akademik atau pelayanan mahasiswa.” Ungkapnya.

“Jangan ada yang menambahkan biaya Rp. 2000, ingat! penambahan Rp. 2000 hanya berlaku untuk administrasi Host To Host dengan menggunakan virtual Account.” Pungkasnya.

Dengan diadakan kegiatan pembinaan mahasiswa penerima manfaat bantuan bidik misi dan KIP Kuliah ini diharapkan mampu membangun karakter mahasiswa STAIN SAR Kepri yang kompetitif  dan berdaya saing global. (Luluk)