Bintan, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu  Plt. Ketua progam studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Nahrim Ajmain, MA menghadiri pelantikan majlis taklim mualaf center (MTMC) tingkat kecamatan di Kabupaten Bintan dan kota Tanjungpinang pada Selasa (16/02/2021).

Dalam sambutannya Ia mengucapkan selamat untuk pengurus MTMC yang dilantik dan mengajak mualaf, keluarga atau anak-anaknya untuk kuliah di STAIN sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. Tentunya hal ini akan menjawab salah satu permasalahan yang selama ini dirasakan oleh mualaf,  dimana mereka tidak mendapat pembinaan keislaman rutin setelah mereka memeluk agama Islam.

STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau yang sebentar lagi akan beralih status menjadi IAIN, terdapat 11 Program Studi yang dapat dijadikan pilihan untuk kuliah : Prodi Pendidikan Agama Islam, Manajeman Pendidikan Islam, pendidikan Islam Anak Usia Dini,  Pendidikan Bahasa Arab,  Tadris Bahasa Inggris,  Hukum Ekonomi Syariah,  Hukum Keluarga Islam, Manajemen Bisnis Syariah,  Akuntansi Syariah,  Ilmu Al Quran Tafsir dan Komunikasi Penyiaran Islam.

Kesebelas prodi ini menjadikan Islam sebagai dasar atau landasan dalam proses pembelajaran di kampus, sehingga mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan apapun prodinya dijamin menguasai meteri-materi keislaman. Hal ini sesuai dengan visi besar kampus "Unggul Keislaman dan Kemelayuan"

“Bapak/Ibu mualaf dapat belajar tentang keislaman selain dari pengajian yang dilakukan di majlis taklim mualaf center,  juga dapat belajar dirumah dengan anak-anaknya yang sedang kuliah atau yang telah menyelesaikan kuliahnya di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.” Ungkap Plt. Kaprodi.

Ketua mualaf center propinsi Kepri, Muhammad Alfatoni, M.Pd.I menyampaikan bahwa kehadiran prodi PAI pada kegiatan-kegiatan Yayasan Mualaf Center akan memberi warna yang cerah pada mualaf khususnya dalam bindang pendidikan. Salah satunya kajian mualaf kedapan akan memiliki silabus/kurikulum yang terstruktur sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan mualaf. Sehingga diharapkan akan terjadi percepatan pemahaman dan peningkatkan semangat kehadiran mualaf pada jadwal kajian yang telah disusun.

Huzrin Hood, SH, MH, M.Pd.I Dewan Pembina Mualaf Center Propinsi Kepulauan Riau menyampaikan apresiasi kepada pihak kampus STAIN Sultan Abdurrahman atas kesedian dalam bersama sama membina mualaf. Beliau juga menyampaikan motivasi agar anak-anak mualaf bisa melanjutkan prndidikan di bangku kuliah.

“Cukup banyak beasiswa yang ada bagi anak anak kita yang kuliah, salah satunya beasiswa propinsi. Yang paling terpenting adalah adanya kemauan untuk menuntut ilmu dan mendalami ilmu Agama.” Ujarnya.

“Selanjutnya selamat kepada pengurus majelis taklim mualaf center tingkat kecamatan  Bukit bestari, Tanjungpinang Kota/Barat, Tanjungpinang Timur kecamatan Bintan Timur,  dan Sri Kuala Lobam. Semoga pengurus yang baru saja di lantik dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.” Tutupnya.

Merespon ajakan yang di sampaikan oleh plt. Ketua prodi PAI, Dani yang merupakan guru mengaji di mualaf center menyampaikan bahwa Dia berminat untuk mendaftar kuliah di prodi PAI STAIN sultan Abdurrahman Kepulauan Riau meskipun Ia telah menyelesaikan sekolahnya 2 tahun yang lalu. Hal yang sama juga disampaikan oleh Ibu Siti Nasrifah, anaknya yang sekarang sedang duduk dibangku sekolah kelas 12 MAN Tanjungpinang berkeinginan untuk menjadi guru PAI. oleh karena itu Dia akan mendaftarkan anaknya untuk kuliah di STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

Kegiatan pelantikan pengurus majelis taklim mualaf center juga dihadiri Drs. Mastur Taher, M.Pd.I dari Baznas Propinsi, Ramli Muasmara, M.Pd.I sekretaris prodi PAI, Yahya Komarudin, M.Pd.I Ka. Labor prodi PAI dan Tim dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) serta mahasiswa HIMA PAI STAIN Sultan Abdurrahman Kepri. (Luluk/Ramli)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

    LINK LAYANAN