السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

STAIN Kepri dan ICMI Gelar Webinar Nasional "Tantangan dan Strategi Pendidikan Islam pada Masa New Normal"

  • 04 Juli 2020
  • Oleh:
  • 1689
Berita Utama

STAIN KEPRI, Kampus Bersendikan Wahyu, Berteraskan Ilmu - Di masa new normal ini STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau bekerja sama dengan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Orda Tanjungpinang dan Event Organizer KIMS Tanjungpinang melaksanakan kegiatan webinar nasional yang bertemakan “Tantangan dan Strategi Pendidikan Islam pada Masa New Normal.” Webinar Nasional ini berlangsung pada hari Sabtu, 4 Juli 2020 pukul 10.00 s.d. 12.30 WIB. Total peserta yang mendaftar pada kegiatan ini berjumlah 250 peserta dengan rincian ada yang berasal dari kalangan akademisi (dosen/guru), mahasiswa/siswa, pengusaha, karyawan swasta, dan masyarakat umum. Peserta yang hadir juga tidak tanggung-tanggung ada yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri seperti dari universitas sabah Malaysia, STIE Pembangunan, UMRAH, UIN SUSKA Riau, UIN Maulana Malik Malang, STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, UNIBA, dan UNRIKA.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, Bapak Dr. Muhammad Faisal M.Ag sekaligus menyampaikan first keynote speaker. Kemudian dari Bapak Dr.Ir. H. Lamidi, MM selaku ketua ICMI Orda Tanjungpinang juga  turut andil dalam menyampaikan gagasannya sebagai second keynote speaker. Adapaun dalam kegiatan ini menghadirkan 4 panelis yakni  Dr.Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I selaku  Ketua LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Drs. H. Nazaruddin, M.H. selaku Wakil Ketua III STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang, Dwi Vita Lestari.S, M.Pd. selaku Plt. Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu (P2M) STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, dan H. Subhan, M.Ag selaku Ketua Prodi PGMI UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Kemudian dalam kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Gubernur Kepri Bapak H. Isdianto, M.M. Dalam hal ini beliau menyampaikan motivasi kepada seluruh peserta agar dalam menyelenggarakan pendidikan tidak kenal menyerah, pantang mundur sewaktu bertarung. Beliau juga mengharapkan dari kegiatan webinar kali ini dapat didiskusikan terkait langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan dalam menghadapi kondisi new normal ini terutama dalam hal mensinergikan kegiatan antara pendidikan tinggi dengan pemerintah provinsi kepri. Dari kegiatan webinar ini dapat disimpulkan bahwa tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh para pendidik adalah kelas virtual, dimana kita bisa belajar tanpa mengenal ruang dan waktu. Namun di satu sisi etika pembelajaran harus tetap dijalankan oleh semua pihak. Jadi tidak hanya menitik beratkan kepada 1 dosen/guru  saja, atau mahasiswa saja. Kolaborasi dalam kegiatan sangatlah diperlukan demi mencapai tujuan bersama.

Dalam hal ini juga perlu adanya sinergitas program kerja antara pemerintah provinsi kepri, STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau, ICMI Orda Tanjungpinang, STAI Miftahul Ulum Tanjungpinang STIE Pembangunan Tanjungpinang, dalam membangun daerah masing-masing. (Vita)