BINTAN - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melaksanakan Ujian Komprehensif, Rabu, 10-07-2019. Ujian dilaksanakan di Kampus STAIN SAR Kepri, Bintan.

Sebanyak 113 Mahasiswa mengikuti ujian yang terdiri dari Empat (4) Program Studi, Manajemen Pendidikan Islam (MPI) 73 Mahasiswa, Ahwal Syakhsiyyah (AS) 10 Mahasiswa, Hukum Ekonomi Syari’ah (HES) 26 Mahasiswa dan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) 4 Mahasiswa, dan Dosen penguji untuk Ujian Komprehensif ini 10 orang.

Ketua Panitia Ujian Komprehensif, Sudanto, SE, MM, mengatakan, Ujian Komprehensif adalah ujian yang dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan mahasiswa dalam bidang keilmuan dan untuk mengukur juga kemampuan berpikir mahasiswa secara interdisipliner sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Skripsi (Thesis).

“Tujuan lain dari ujian ini adalah untuk mengukur keluasan wawasan mahasiswa,” terang Sudanto.

Sebagai informasi, Ujian komprehensif adalah ujian lisan yang harus diikuti oleh mahasiswa setelah lulus seluruh mata kuliah, kecuali Kuliah Kerja Nyata (KKN). Ujian Komprehensif dilaksanakan sebelum ujian skripsi (munaqasah) di hadapan majelis sidang. Ujian dimaksud untuk mengevaluasi penguasaan mahasiswa terhadap keilmuan keislaman, dan program studi masing-masing. Materi ujian meliputi membaca kitab, hafalan surat pilihan, hafalan surat pendek, praktek amalan dan mata kuliah pokok program studi masing-masing. Ujian komprehensif dilaksanakan agar ada standar keilmuan yang dikuasai oleh mahasiswa sebelum melanjutkan ke tahap ujian skripsi (munaqasah). Sehingga mahasiswa yang lulus dari STAIN SAR Kepri memiliki kemampuan yang sama dalam bidang yang di persyaratkan.

Dengan pelaksanaan ujian komprehensif dapat mengukur capaian pembelajaran baik capaian di tingkat Fakultas, Program Studi atau capaian yang bersifat khusus sebagai identitas Perguruan Tinggi. Dengan demikian pelaksanaan ujian komprehensif akan terus ditata dan disosialisasikan kepada semua civitas akademik yang ada berada di lingkungan STAIN SAR Kepri. (nDr)

    LINK LAYANAN