السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Bimbingan Teknis Pendaftaran dan Sosialisasi UM-PTKIN 2024 Sukses Digelar di Jakarta

  • 19 Mei 2024
  • Oleh: Gybria Putri Anggillya
  • 28
Berita Utama

Jakarta, Kampus Bersendikan Wahyu Berteraskan Ilmu - Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran dan Sosialisasi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2024 telah dilaksanakan dengan sukses di Hotel Harris Vertu, Jalan Hayam Wuruk No.6, Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis hingga Sabtu, 16-19 Mei 2024.

Acara ini dihadiri oleh Penanggung Jawab Teknologi Informasi dan Komunikasi (PJ TIK), Rahmad Hidayat, S.Kom, serta Penanggung Jawab Hubungan Masyarakat (PJ Humas), Gybria Putri Anggillya, S.AP.

Dalam kegiatan Bimtek ini, masing-masing PJ menyampaikan hasil dari kegiatan dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas sosialisasi dan pendaftaran UM-PTKIN.

Berikut adalah beberapa poin penting yang dihasilkan dari Bimtek UM-PTKIN 2024:

  1. Pemaksimalan Penggunaan Media Sosial: Ditekankan pentingnya penggunaan media sosial secara optimal untuk sosialisasi UM-PTKIN.
  2. Sosialisasi Sepanjang Tahun: Sosialisasi kepada calon mahasiswa baru tidak hanya dilakukan saat periode pendaftaran, tetapi perlu dilakukan sepanjang tahun.
  3. Kampanye Prestasi: Setiap prestasi sekecil apapun yang diraih oleh kampus harus dikampanyekan melalui media sosial.
  4. Peran Humas: Hubungan Masyarakat (Humas) diakui sebagai ujung tombak perguruan tinggi.
  5. Pentingnya Branding Kampus: Branding yang kuat akan berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa baru yang berhasil direkrut.
  6. Pemetaan Keunikan Kampus: Menyusun strategi dengan memetakan keunikan yang bisa didapatkan mahasiswa selain dari segi akademik.

Pada hari kedua, beberapa informasi penting disampaikan:

  1. Perubahan Prodi Tarbiyah: Tahun depan, program studi tarbiyah seperti Tadris Bahasa Inggris akan berubah menjadi program pendidikan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang berpotensi mengurangi jumlah prodi di bawah SPAN dan UM-PTKIN.
  2. Jadwal Uji Coba dan Ujian: Uji coba oleh peserta akan dilakukan pada 21-22 Juni, sedangkan ujian dilaksanakan pada 24-30 Juni.
  3. Durasi Kerja Panlok UM: Bidang kesekretariatan pada panitia lokal UM bekerja dengan durasi 4 bulan.
  4. Pengawasan Ujian: Pengawas TI dan PJ ruang ditugaskan per sesi per ruang.
  5. Syarat Kelulusan: Lulusan 2022 dan 2023 harus memiliki ijazah, sedangkan lulusan 2024 cukup dengan Surat Keterangan Lulus (SKL).
  6. Validasi NISN: Jika Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tidak ditemukan di aplikasi UM-PTKIN, kemungkinan rombongan belajar belum diinput oleh operator sekolah.
  7. Metode Pembayaran: Pembayaran wajib menggunakan metode online dan BI-FAST dilarang digunakan.
  8. Aplikasi UM-PTKIN: Aplikasi UM-PTKIN untuk Android sudah tersedia.
  9. Unduh Aplikasi PJ SSE: Hanya bisa dilakukan oleh PJ TIK.

Dengan berakhirnya Bimtek ini, diharapkan pendaftaran dan sosialisasi UM-PTKIN 2024 dapat berjalan lebih lancar dan efektif, serta mampu menarik lebih banyak mahasiswa baru yang berkualitas.(Gby)