.

BINTAN - Sebanyak 58 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) serentak melaksanakan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Selasa, 28 Mei 2019  salah satunya Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau.

STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau melaksanakan UM-PTKIN kali ini dengan menggunakan 9 ruangan yang terletak di lantai 2 dan lantai 3 kampus Stain Sultan Abdurrahman Kepri, delapan ruangan untuk PBT dan Satu Ruangan untuk CBT. Sebanyak 140 peserta yang mengikuti UM-PTKIN ini terbagi dalam dua bagian yakni Paper Based Test (PBT) dan Sistem Seleksi Elektronik (SSE). Sebanyak 120 peserta mengikuti test PBT, dan yang mengikuti SSE sebanyak 18 peserta.

Ketua Panitia UM-PTKIN 2019 Aris Bintania, M.Ag yang juga Wakil Ketua I STAIN Sultan Abdurrahman Kepri secara langsung memantau jalan nya ujian ini dengan Sekretaris UM-PTKIN Dvi Afriansyah, S.Pd.I yang juga Ka.Subbag Akademik dan Kemahasiswaan Sultan Abdurrahman Kepri.

Ketua Panitia UM-PTKIN mengatakan, semoga yang mengikuti tes ini bisa menjalani dengan lancar dan bisa lulus semua. Tidak semua peserta yang ikut tes menempatkan pilihan nya di STAIN SAR, diharapkan STAIN SAR ini sebagai jembatan bagi mereka yang menempatkan pilihannya diluar Provinsi Kepri, diharapkan STAIN SAR ini bisa memfasilitasi putra daerah untuk memilih kuliah diluar Provinsi Kepri,’’Itulah manfaatnya STAIN Sultan Abdurrahman ini ada di kepulauan Riau,”terangnya.

Ditambahkannya, Hasil UMPTKIN ini tidak diperiksa langsung oleh STAIN Sultan Abdurrahman, tapi berkas LJU ini akan dikirim langsung ke UIN Alauddin Makassar sebagai tuan rumah pelaksanaan SPAN - UM PTKIN, dengan memberangkatkan Pegawai yang berwenang, dan untuk tes CBT akan langsung terkoneksi ke server UMPTKIN.

Jika ada peserta yang tidak lulus nantinya, STAIN Sultan Abdurrahman masih menerima calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri, dimana jalur ini akan dibuka dalam tiga tahap, diharapkan peserta yang tidak lulus nanti tidak kecewa karena STAIN Sultan Abdurrahman masih memiliki satu jalur yang bisa mereka ikuti, Pungkasnya.

UMPTKIN yang dilaksanakan di STAIN Sultan Abdurrahman ini dihadiri langsung oleh Tim Monev yakni Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag yang juga Ketua STAIN Bengkalis yang ditunjuk langsung sebagai pelaksana survey UMPTKIN untuk STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau. (nDr)

    LINK LAYANAN